Profil Proram Studi
Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Anwar Medika
VISI
Menjadi program studi yang unggul, berdaya saing, dan berbasis teknologi di bidang perekeyasaan aplikasi cerdas dengan berlandaskan jiwa akhlakul karimah serta berwawasan kesehatan.
MISI
- Menanamkan kesadaran moral dan kepribadian yang tangguh berbasis nilai spiritualitas, humanitas, dan kode etik pada Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak.
- Menyelenggarakan pendidikan yang berstandar nasional didukung dengan penanaman softskill dan hardskill dalam atmosfir akademik yang berkualitas dan progresif pada program studi Rekayasa Perangkat Lunak.
- Melaksanakan penelitian yang terstandar dan penyebarluasan keilmuan melalui publikasi, serta mengimplementasikannya dalam pengabdian kepada masyarakat demi peningkatan taraf kehidupan dan kebudayaan bangsa pada program studi Rekayasa Perangkat Lunak.
TUJUAN
- Mengantarkan lulusan dalam pencapaian akan nilai dan kebermaknaan dalam kehidupan, pandangan yang menjunjung tinggi moralitas, humanitas, profesionalitas, dan kemandirian, serta menjunjung tinggi etika profesi Ahli Rekayasa Perangkat Lunak.
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang Rekayasa Perangkat Lunak, mampu berwirausaha, serta berdaya saing khususnya di bidang aplikasi cerdas dan aplikasi kesehatan di tingkat nasional.
- Memenuhi kebutuhan akan pengembangan dan pembangunan nasional melalui riset yang inovatif dan kontributif bagi masyarakat.
- Memberdayakan masyarakat melalui pengembangan konsep atau pengaplikasian ilmu pengetahuan berbasis riset dengan selalu menjunjung tinggi nilai kesetaraan.
- Menjadi program studi yang mampu mengangkat nilai-nilai lokal dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta lembaga pemerintah, swasta dengan memanfaatkan hasil produksi laboratorium Prodi Rekayasa Perangkat Lunak.
PROFIL LULUSAN S1 RPL
Sistem Manajemen Data
Kemampuan merancang, membangun, dan mengimplementasikan sistem basis data dan informasi (konten digital). Ruang lingkup dan jenis model database, seperti berbasis struktur, relasional, objek. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Data Model Administrator, Data Architect, Database Administrator, Data entry, Data Management.
Pengembangan Perangkat Lunak dan Pemrogramman
Kemampuan seorang individu dalam merancang, mendesain, mengkonfigurasi, dan membuat perangkat lunak (software) maupun aplikasi yang dijalankan / dioperasikan dalam lingkungan komputer, piranti digital, maupun jaringan. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Pengembang Web, Programmer Aplikasi, Businness Analyst, Pemrogram Database, Pemrogram Mobile, Software Quality Tester, Asisten Pemrogram.
Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi
Kemampuan seorang individu dalam merencanakan, merancang, membangun, mengujicoba, menerapkan, mengembangkan, menilai, dan mengendalikan sistem informasi. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Analis Perancang Teknologi Informasi, Sistem Analis, Production Analis.
Manajemen Proyek Teknologi Informasi
Kemampuan seorang individu dalam hal merencanakan, mempersiapkan, menjalankan, mengelola, menilai, mengawasi, dan mengendalikan aktivitas proyek sistem dan teknologi informasi. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah IT Maintanance Administrator, IT Project Supervisor, IT Project Coordinator, IT Project Manajement Staff.
Kemanan Teknologi Informasi dan Kepatuhan
Kemampuan seorang individu dalam hal merencanakan, merancang, membangun, menerapkan, mengelola, menilai, mengukur, dan mengendalikan sistem keamanan data, informasi, sistem, dan/atau internet. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Analis Kemanan Cyber, IT Auditor, Information Security Administrator, Software Quality Assurance, IT Security Manajemen Staff.
Teknologi Informasi dan Internet of Things
Kemampuan seorang individu dalam merancang, membuat, mengembangkan, mengkonfigurasi, menerapkan, dan mengendalikan teknologi yang berhubungan dengan kanal akses (access channels atau distribution channels).Webmaster, Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Pengembang Cloud Computing, Web Analis, Internet Developer, Senior Mobile Computing.
Konsultan Teknolgi Informasi
Kemampuan seorang individu dalam memberikan beragam jasa layanan terkait dengan teknologi informasi, seperti konsultasi, pendampingan, pelatihan, penelitian. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Junior IT Consultant, IT Consultant Supervisor, Digital Enterpreneur Supervisor, IT Consultant Staff, IT Administrator.
Teknologi Informasi Multimedia
Kemampuan seorang individu dalam merancang, membuat, mengembangkan, dan menerapkan aplikasi dan/atau konten berbasis multimedia dalam platform antarmuka (user interface) yang beragam. Profesi yang bisa diambil dalam bidang ini adalah Animator Utama, Game Developer, Animasi Kreator.
KURIKULUM S1 RPL
Semester I
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | UAM101 | Aplikasi Komputer [Teori] | 1 |
2 | UAM102 | Aplikasi Komputer [Praktek] | 1 |
3 | RPL103 | Pengantar RPL | 2 |
4 | RPL104 | Logika Matematika | 3 |
5 | FST105 | Dasar Pemrograman [Teori] | 1 |
6 | FST106 | Dasar Pemrograman [Praktek] | 2 |
7 | UAM107 | Pendidikan Pancasila | 2 |
8 | UAM108 | Pendidikan Agama | 2 |
9 | UAM109 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
10 | FST110 | Informatika Kesehatan | 2 |
11 | RPL111 | Organisasi Komputer | 3 |
Total SKS | 19 |
Semester II
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | RPL201 | Matematika Diskrit | 3 |
2 | UAM202 | Pendidikan Karakter dan Etika | 2 |
3 | UAM203 | Bahasa Inggris 2 | 2 |
4 | UAM204 | Bahasa Indonesia | 2 |
5 | UAM205 | Bisnis dan Kewirausahaan | 2 |
6 | RPL206 | Algoritma dan Struktur Data [Teori] | 1 |
7 | RPL207 | Algoritma dan Struktur Data [Praktek] | 2 |
8 | RPL208 | Teori Bahasa dan Automata | 3 |
9 | RPL209 | Sistem Basis Data [Teori] | 1 |
10 | RPL210 | Sistem Basis Data [Praktek] | 2 |
Total SKS | 20 |
Semester III
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | RPL301 | Kalkulus | 3 |
2 | RPL302 | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 |
3 | RPL303 | Analisis Kebutuhan Sistem | 3 |
4 | RPL304 | Sistem Operasi | 3 |
5 | RPL305 | Pemodelan dan Simulasi PL | 3 |
6 | RPL306 | Desain PL | 3 |
7 | RPL307 | Pemrograman Berorientasi Objek [Teori] | 1 |
8 | RPL308 | Pemrograman Berorientasi Objek [Praktek] | 2 |
Total SKS | 21 |
Semester IV
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | RPL401 | Pemodelan Basis Data [Teori] | 1 |
2 | RPL402 | Pemodelan Basis Data [Praktek] | 2 |
3 | RPL403 | Artificial Intelligence | 3 |
4 | RPL404 | Proses Pengembangan PL | 3 |
5 | RPL405 | Pemrograman Web 1 [Teori] | 1 |
6 | RPL406 | Pemrograman Web 1 [Praktek] | 2 |
7 | RPL407 | Jaringan Komputer [Teori] | 1 |
8 | RPL408 | Jaringan Komputer [Praktek] | 2 |
9 | RPL409 | Manajemen Proyek PL | 3 |
10 | RPL410 | Komputer Grafik | 3 |
Total SKS | 21 |
Semester V
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | UAM501 | Metode Penelitian | 2 |
2 | UAM502 | Statistika | 3 |
3 | UAM503 | Kewarganegaraan | 2 |
4 | RPL504 | Keamanan Komputer dan Jaringan | 3 |
5 | RPL505 | Pemrograman Web II [Teori] | 1 |
6 | RPL506 | Pemrograman Web II [Praktek] | 2 |
7 | RPL507 | Pemrograman Mobile [Teori] | 1 |
8 | RPL508 | Pemrograman Mobile [Praktek] | 2 |
9 | RPL509 | Keamanan Perangkat Lunak | 3 |
Total SKS | 19 |
Semester VI
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | RPL601 | Metode Formal | 3 |
2 | RPL602 | Pemrograman Web III [Teori] | 1 |
3 | RPL603 | Pemrograman Web III [Praktek] | 2 |
4 | RPL604 | Pengujian Perangkat lunak [Teori] | 1 |
5 | RPL605 | Pengujian Perangkat lunak [Praktek] | 2 |
6 | RPL606 | Manajemen Konfigurasi Evolusi Perangkat Lunak | 3 |
7 | Mata Kuliah Peminatan | 6 | |
Total SKS | 18 | ||
MK Peminatan Semester VI | |||
Peminatan Interaksi Grafika | |||
8 | RPL607 | Pemrogramman Unity | 3 |
9 | RPL608 | Animasi Komputer | 3 |
Peminatan Internet of Things | |||
8 | RPL608 | IoT | 3 |
9 | RPL609 | Komunikasi Data | 3 |
Semester VII
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | RPL701 | Seminar Proposal TA | 2 |
2 | RPL702 | Technopreneuship | 3 |
3 | RPL703 | Riset Teknologi | 2 |
4 | RPL704 | KKN | 2 |
5 | RPL705 | Software Quality Assurance | 3 |
6 | Mata Kuliah Peminatan | 6 | |
Total SKS | 18 | ||
MK Peminatan Semester VII | |||
Peminatan Interaksi Grafika | |||
7 | RPL706 | Augmented Reality & Virtual Reality | 3 |
8 | RPL707 | Pemrograman Game | 3 |
Peminatan Internet of Things | |||
9 | RPL708 | Pemrogramman Arduino | 3 |
10 | RPL709 | Elektronika Mikroprosessor | 3 |
Semester VIII
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | RPL801 | Skripsi | 6 |
Total SKS | 6 |
PROFIL DOSEN S1 RPL
Putri Ariatna Alia, S.ST., M.T.
NIDN. –
Internet of Things, Jaringan Komputer, Cybersecurity
Nur Azis, S.Kom., M.Kom.
NIDN. –
Perancangan Basis Data, Perekayasaan Sistem dan Perangkat Lunak
Warna Agung Cahyono, S.Kom., M.T.
NIDN. –
Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak dan Berbasis Web
- Laboratorium komputer
- Kelas Ber AC
- Tersedia kelas karyawan yang dilaksanakan secara online