Visitasi Proyek Perubahan pada Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT)

Jumat, 21 Juni 2024

Sidoarjo – Universitas Anwar Medika (UAM) mendapatkan kesempatan untuk dilakukan Visitasi Implementasi Proyek Perubahan oleh tim dari Direktorat Sumber Daya Dirjen Dikti Ristek yaitu Bapak Nafiron Musfiqin Uddin, S.E., MM, Bapak Bunyamin Sahid, dan Bapak Zainal Bayu Paradise bertempat di Auditorium 1 Lt. 7 UAM. Visitasi ini merupakan kelanjutan dari Proyek Perubahan pada Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) yang diikuti oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UAM, Ibu Eviomitta Rizki Amanda, S.Si., M.Sc. pada tanggal 20-26 November 2023 lalu.

Pada proyek perubahan ini, UAM mengambil topik tentang Peningkatan Perolehan Jumlah Mahasiswa Melalui Program “Parents Oriented Marketingyang dimentori oleh Prof. Dr. Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII). Melalui serangkaian kegiatan mentoring dan seleksi yang telah dilaksanakan, UAM berkesempatan untuk divisitasi oleh Tim Ditdaya Dirjen Dikti Ristek pada hari Jumat, tanggal 21 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 peserta mulai dari Unsur Yayasan, BPH, Senat, Rektorat, Dekan Fakultas, Prodi, biro, serta stakeholder yang terlibat pada proyek perubahan ini.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Anwar Medika, Ibu Martina Kurnia Rohmah, S.Si., M.Biomed. menyampaikan latar belakang pengambilan topik ini yaitu adanya perubahan Entitas Institusi dari STIKES menjadi Universitas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi UAM untuk melakukan rebranding dan menumbuhkan kepercayaan serta minta Masyarakat utamanya untuk Prodi-prodi baru yang ada di UAM dari sebelumnya hanya ada 3 Prodi (S1 Farmasi, D3 Farmasi, dan D3 Teknologi Laboratorium Medis), saat ini bertambah 6 Prodi yaitu S1 Administrasi Kesehatan, S1 Fisioterapi (FIK), S1 Sistem Informasi dan S1 Rekayasa Perangkat Lunak (FST), dan S1 Bisnis Digital dan S1 Kewirausahaan (FEB).

Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari 2 sesi yaitu sesi 1 pemaparan proyek perubahan dari Dekan FIK Ibu Eviomitta Rizki Amanda, S.Si., M.Sc. yang dilanjutkan dengan konfirmasi kepada para audiens serta mentoring oleh Prof. Dr. Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A. IAI. Pada sesi kedua acara dilanjutkan dengan sarasehan tentang Strategi Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Narasumber yaitu Bapak Hangga Fathana, S.IP., B.Int., St. MA dari Universitas Islam Indonesia (UII). Pada kesempatan ini, Ibu Eviomitta Rizki Amanda, S.Si., M.Sc. menyampaikan pelaksanaan proyek perubahan beserta data dan hasil yang telah didapatkan, bahwasanya strategi parents-oriented marketing secara signifikan dapat berkontribusi pada peningkatan jumlah mahasiswa baru di UAM.

Acara Visitasi ini diakhiri pada sesi 3 oleh Bapak Nafiron Musfiqin Uddin, S.E., MM selaku Koordinator Bidang Pengembangan Kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan Direktorat Sumber Daya Dirjen Dikti Ristek. Beliau memberikan sosialisasi terkait dengan Pemadanan data SISTER Perguruan Tinggi yang saat ini merupakan program terkini Dirjen Dikti. Dalam kesempata ini Bapak Nafiron juga menyampaikan bahwasanya pemerintah sangat konsen pada berbagai pengembangan kompetensi Dosen dan Tendik, salah satu pengembangan kepemimpinan Perguruan Tinggi melalui program PKKPT ini.

UAM sangat menyambut baik, antusias serta berterima kasih atas program yang telah diselenggarakan oleh Ditdaya Dikti Ristek ini serta merasakan manfaat perubahan yang lebih baik bagi Institusi. Kami juga berterima kasih atas bimbingan dari para mentor yaitu Prof. Dr. Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI dan narasumber Bapak Hangga Fathana, S.IP., B.Int., St. MA. Pada tema proyek perubahan yang menjadi fokus UAM. Semoga dengan keikutsertaan kami pada program ini dapat memberikan Gambaran terkait dengan kesuksesan Program Ditdaya Dirjen Dikti melalui Program PKKPT ini dan menjadi salah satu program yang bermanfaat bagi pengembangan kepemimpinan Perguruan Tinggi di Indonesia untuk membawa Perguruan Tinggi di Indonesia yang maju dan berdaya saing.